Home Terbaru Uni Eropa Usulkan Rp 7,6 Triliun untuk Bantu Ukraina

Uni Eropa Usulkan Rp 7,6 Triliun untuk Bantu Ukraina

update.idnpos.com update video May 14, 2022 8:22 pm

Berita Baru, Internasional – Uni Eropa (UE) mengusulkan dana 520 juta dolar AS atau Rp7,6 triliun di dalam bentuk bantuan militer untuk mendukung Ukraina. Dengan jumlah tersebut, sampai saat ini, total dana yg telah dikeluarkan untuk membantu Ukraina mencapai 2 miliar Dolar AS.

Kepala kebijakan luar negeri UE, Josep Borrell menyampaikan hal ini pada Hari Jumat (13/5) saat di dalam perjalanan menuju tempat pertemuan para menteri luar negeri G7 di Weissenhaus, Jerman.

Dia menjelaskan menteri luar negeri UE seharusnya menyetujui bantuan militer itu pada pertemuan mereka di Brussels.

Borrell menambahkan, Ia hendak mendorong supaya terdapat kesepakatan tentang penerapan embargo minyak di Rusia.

Dia menegaskan, blok itu hendak terus menekan Rusia untuk mengakhiri perang di Ukraina, dengan sanksi ekonomi yg mengisolasi negara itu secara internasional.

Perang Rusia di Ukraina, yg dimulai pada Februari, telah menyebabkan ribuan orang tewas dan juga serta terluka. Selain itu, invasi itu telah memaksa 6 juta orang mengungsi ke luar negeri.

Moskow menyebut tindakannya sebagaimana “operasi militer khusus” untuk “demiliterisasi” dan juga serta “denazifikasi” Ukraina.

Baca Juga :  Kepala BMKG Jelaskan Perlunya Modifikasi Cuaca sebagai Mitigasi

Untuk negara-negara Barat ini ialah perang agresi dan juga serta mereka telah menjatuhkan sanksi berat sebagaimana tanggapan, termasuk larangan media pemerintah Rusia, pembekuan aset, serta mengecualikan bank berasal dari sistem pembayaran internasional SWIFT.

Selain itu, UE telah memberikan Ukraina bantuan kemanusiaan, bantuan keuangan makro, serta dukungan anggaran.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video selengkapnya :